Rekomendasi Jalan-Jalan Hari Minggu di Brooklyn, New York

on

Kalau pas jalan-jalan ke New York hari Minggu, teman-teman bisa jadwalkan untuk mengunjungi area Brooklyn, terutama di sekitar Brooklyn Bridge dan Manhattan Bridge.

Brooklyn Flea Market di  Dumbo

Kenapa mesti hari Minggu? Soalnya, pas di area Dumbo, tepatnya di bawah jembatan Manhattan ada semacam pasar rakyat bernama Brooklyn Flea Market. Pasar ini ada setiap hari Minggu dari bulan April hingga Oktober.

Brooklyn Flea Market, Dumbo, Brooklyn, New York
Brooklyn Flea Market, Dumbo, Brooklyn, New York

Kenapa November sampai Maret tidak ada? Tebakan saya sih ya karena musim dingin. Kan ya susah juga jualan di luar ruangan sambil kedinginan? Hehehe

Yang dijual di sini ada macam-macam sih dari mulai pakaian, sepatu, dan tas bekas maupun baru, juga ada kerajinan tangan, barang-barang koleksi, juga makanan dan minuman. Kalau boleh dibandingkan, mungkin mirip dengan Sunday Morning (SunMor) di UGM. Cuma kalau SunMor jauh lebih besar.

Collectible Items
Salah satu barang koleksi yang bisa dibeli di Brooklyn Flea Market area Dumbo.

Kalau punya banyak waktu, bisa tengok satu per satu vendor yang ada, kemudian kalau udah mulai capek, bisa duduk di area yang dekat dengan penjual makanan.

Untuk teman-teman Muslim yang ingin jajan juga jangan khawatir. Ada satu food truck yang menyediakan makanan halal. Menunya lebih ke makanan Amerika seperti hot dog dan burger, juga menu Timur Tengah seperti Kebab.

Selain itu juga ada pilihan makanan India yang bernama Dosa. Menu makanan yang dijual di warung dosa ini semua vegetarian, jadi juga aman dikonsumsi oleh Muslim.

 

Environmental Education Center

Masih di area Dumbo, tidak jauh dari lokasi Brooklyn Flea Market, ada tempat yang bernama Environmental Education Center. Di dalamnya ada  beberapa hewan dan pengetahuan mengenai hewan-hewan tersebut. Ada juga peraga-peraga edukatif yang bisa dimainkan oleh anak-anak.

Tempat ini cocok buat teman-teman yang suka dengan pengetahuan alam terutama biologi dan juga kalau jalan-jalan bersama anak-anak. Pasti anak-anak akan suka mampir ke sini.

Oya selain itu, di lokasi ini ada toilet umum juga. Jadi misalnya habis jajan-jajan di Brooklyn Flea Market terus kebelet pipis gitu ya bisa mampir ke lokasi ini.

Ya ambil hikmahnya aja kan ya? Sambil mampir pipis, sambil belajar ilmu alam. HEHEHE

Tidak jauh dari lokasi Enviromental Education Center ini ada lokasi yang berada di antara Manhattan Bridge dan Brooklyn Bridge. Cocok banget buat yang mau ambil foto dan mengabadikan momen ketika berada di antara dua jembatan ikonik yang ada di New York.

 

Menyeberangi Brooklyn Bridge

Nah ini yang paling penting ya kayaknya kalau lagi di New York, menyeberangi Brooklyn Bridge!

Jembatan ini sangat terkenal dan ada di adegan film-film atau film seri seperti Sex and the City, Spiderman, Fantastic Four, The Siege, dan lain-lain. Jadi sayang banget kalau sampai kelewatan tidak mengambil kesempatan untuk menyeberangi jembatan ini.

Panjang jembatan ini sekitar 1,8 kilometer. Jadi tidak terlalu masalah sih untuk jalan dari ujung ke ujung. Tidak perlu khawatir bersaing dengan kendaraan bermotor ya. Karena jembatan ini ada dua tingkat. Yang bawah untuk kendaraan bermotor dan yang bagian atas untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda.

View this post on Instagram

•Brooklyn Bridge• ⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Pas saya kuliah di Pengkajian Amerika, nama Brooklyn Bridge ini sering disebut-sebut.⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Waktu itu saya tidak sempat membayangkan seperti apa rasanya kalau saya bisa berjalan melintasi jembatan ini. Ya mau gimana. Amerika terlalu jauh rasanya dari jangkauan saya waktu itu. Sepertinya hanya akan buang waktu untuk memimpikannya.⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Cuma sempat terbesit doa kecil dalam hati, jika Allah kasih rejeki, boleh lah saya mampir ke sini. ⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Alhamdulillah dikasih rejeki dua kali ke Brooklyn Bridge dalam keadaan yang berbeda. Satu setengah tahun lalu dalam musim dingin dan hari Minggu lalu dalam musim panas. Dua kesempatan dan pengalaman yang berbeda. ⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Saya jadi ingat pesan Bapak saya, “ngimpi dan berdoa itu gratis. Banyak-banyakin aja gak apa-apa.” ⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Juga pesan dari salah satu sahabat saya, “kita gak yakin kalau Allah mendengar dan mengabulkan doa lirih dalam hati kita itu udah pelecehan lho. Yang Maha Segalanya itu ya tinggal kun fayakun, apapun bisa terjadi.” ⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Foto ini juga sebagai pengingat bagi saya untuk selalu bersyukur. Walaupun belum jadi mudik ke Indonesia karena paspor masih belum dikembalikan dari salah satu kantor administrasi negara sini, jadi saya kepace nggak bisa keluar dari AS, tapi sebagai gantinya dikasih kesempatan sekali lagi buat nyebrangi jembatan ini sambil pacaran sama Pak Jay. Alhamdulillah aja deh pokoknya. 😁⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ #latepost #BrooklynBridge #BrooklynBridgeNYC #travel #traveling #traveldate #traveldiary #travelphotography #travelbloggerlife #travelblogger #Brooklyn #NewYorkCity #NewYork #usa #mylifeinusa

A post shared by Terry Perdanawati (@terry_perdanawati) on

Di musim panas, biasanya banyak pengunjung memadati area jembatan ini. Terutama kalau hari Minggu. Tapi kalau mau efisien sekalian mengunjungi Brooklyn Flea Market memang jadinya ya hari Minggu di musim panas adalah salah satu pilihan yang tepat.

Jangan terlalu khawatir sih karena meskipun banyak pengunjung, kita bakal tetap dapat kesempatan foto-foto kok. Hehehe

Dari jembatan ini kita bisa lihat di seberang sana ada Patung Liberty dan di seberang yang lain ada Manhattan Bridge.

Sebagai perbandingan, satu setengah tahun sebelumnya saya dan Pak Jay juga pernah mengunjungi Brooklyn Bridge di musim dingin. Lebih sepi sih, tapi ya lebih dingin juga. Karena selain udaranya yang dingin, juga ditambah angin yang kencang.

View this post on Instagram

Day #10: On the Brooklyn Bridge Saya dan PakJay punya kebiasaan mengucap “subhanallah” ketika melihat foto, gambar, atau video tempat-tempat yang ingin kami kunjungi, sambil berharap suatu saat bisa dikasih kesempatan dan rejeki buat mengunjunginya, dan salah satunya tempat ini. Sejak zaman kuliah American Studies, saya pingin bisa mengunjungi tempat yang ‘iconic’ ini. Alhamdulilah kemarin dikasih kesempatan sama Gusti Allah buat jalan berdua pacalan sepanjang jembatan dan foto-foto. Jembatan yang menghubungkan Manhattan dan Brooklyn ini adalah jembatan baja bersuspensi pertama di dunia dan saat ini masih jadi yang terbesar di dunia. Habis dari Brooklyn Bridge kami nonton pertunjukan di The Stone, tapi gak boleh ambil foto, jadi gak ada fotonya. Cukuplah foto ini saja mewakili hari ke #10 yaaa ☺️ #brooklynbridge #brooklyn #travel #travelling #traveldiary #traveldiaries #travellingdiary #newyork #usa #mylifeinusa

A post shared by Terry Perdanawati (@terry_perdanawati) on

 

Menyeberangi Manhattan Bridge

Kalau masih kuat jalannya, bisa sekalian menyeberangi Manhattan Bridge. Jembatan ini dan Brooklyn Bridge sama-sama menghubungkan Manhattan dengan Brooklyn. Panjangnya ya sebelas duabelas, tapi agak panjang sedikit sih. Sekitar 2 kilometer gitu.

Tapi kalau habis dari menyeberangi Brooklyn Bridge tadi udah capek, jangan khawatir! Kita tetap bisa menyeberangi Manhattan Bridge sambil duduk naik kereta dengan bermodalkan $2.75 saja. Sebuah solusi yang tepat yang bisa membuat kita beres menyeberangi jembatan ini tanpa perlu capek.

Sambil naik kereta ini kita juga bisa melihat Brooklyn Bridge di seberang. Jadi semacam wang-sinawang gitu deh. Pas di Brooklyn Bridge kita lihat ke Manhattan Bridge, sebaliknya pas di Manhattan Bridge kita bisa lihat Brooklyn Bridge.

Dari semua lokasi jalan-jalan yang saya sebutkan di atas, semua bisa dikunjungi dengan gratis. Kecuali kalau di Brooklyn Flea Market jajan atau beli barang ya, dan kalau nyeberang Manhattan Bridge naik kereta. Tapi pada intinya sih ini jalan-jalan murah meriah.

Oya, buat yang belum baca artikel saya sebelumnya, bisa kunjungi juga ya. Ada rekomendasi 9 lokasi jalan-jalan hemat di New York.

Untuk artikel selanjutnya akan saya tuliskan kunjungan kami ke Ellis Island dan Liberty Island untuk mengunjungi Patung Liberty. Insya Allah segera akan saya posting ya dalam beberapa hari ke depan.

Semoga bermanfaat!

2 Comments Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s