9 Lokasi Jalan-jalan Hemat di New York

Kali ini saya mau membagikan info buat yang berencana jalan-jalan ke New York atau yang sedang menyusun mimpi untuk bisa jalan-jalan ke Amerika Serikat terutama ke New York.

Di sini saya mau bagikan 9 tempat wisata di New York dengan hemat. Kenapa hemat? Karena yang tidak perlu bayar tiket masuk lokasinya. Tapi untuk sampai ke sananya tetap perlu bayar tiket transportasi lho ya. Hehehe.

Untuk tempat jalan-jalan lain yang berbayar, seperti ke Ellis Island & Liberty Island, Madame Tussauds, dan Museum of Modern Arts New York, akan saya tulis di artikel terpisah ya..

  1. Washington Square Park

Lokasi dari taman ini adalah di area Greenwich Village, Lower Manhattan, New York City. Gampang ditempuh dengan kendaraan umum. Taman ini juga tidak jauh dari kampus New York University.

Washington Square Park
Washington Square Park

Di taman ini ada dua bangunan yang jadi ciri khasnya. Yang pertama adalah bangunan yang bernama Washington Centenary Arch. Modelnya mirip dengan the Arc de Triomphe yang ada di Paris, tapi dilengkapi dengan dua patung George Washington di sebelah kanan dan kiri. Yang di sebelah kiri adalah patung George Washington saat perang dan yang di kanan adalah saat situasi damai. Di depan Arch ini biasanya para pengunjung berfoto.

Di tengah taman Washington Square, ada air mancur yang cukup besar. Selain pengunjung banyak berfoto di depan air mancur ini, jangan kaget juga kalau banyak anak-anak kecil berpakaian renang (atau ada juga yang tidak pakai baju. Ups!) bermain air di air mancur ini.

Washington Square Park (2)
Air mancur, Washington Centenary Arch, dan para pengunjung taman.

Taman ini hawanya santai banget dan banyak orang yang terdiri dari mahasiswa NYU, turis, musisi yang ngamen, orang tua yang mengasuh anak, orang yang cuma duduk-duduk aja, atau bahkan orang-orang yang jalan-jalan bersama hewan peliharaannya menikmati waktu di sini.

Di musim panas ini, taman ini selalu ramai, tidak hanya di akhir pekan saja. Dalam seminggu kemarin saya hampir tiap pagi nongkrong di sini dan tidak bosan sama sekali karena setiap hari ada saja yang bisa diamati. Saya menuliskan catatan saya Dari Bangku Washington Square Park di postingan saya sebelumnya.

  1. Greenwich Village

Area Greenwich Village adalah area yang banyak dikunjungi turis. Selain karena ada Washington Square Park yang terkenal dan banyak muncul di adegan film, juga karena lokasi Greenwich Village ini teduh meskipun di musim panas, banyak titik-titik yang instagramable, dan juga karena ada banyak café dan restaurant, termasuk juga yang menyediakan makanan halal.

Greenwich Village
Salah satu lokasi buat foto-foto di Greenwich Village

Selain itu, area ini cukup legendaris karena di area ini beberapa musisi terkenal seperti Paul Simon, Bob Dylan, dan Joan Baez pernah berkarir.

  1. Times Square

Jalan-jalan ke New York tidak lengkap kalau tidak ke Times Square! Di sini banyak toko di kanan dan kiri jalan dan memasang videotron. Nah videotron-videotron itu yang jadi salah satu daya tarik para pengunjung untuk berfoto ria.

Times Square
Times Square malam itu. Meskipun mendung dan sempat hujan, tapi tetap ramai juga.

Di sini bisa foto-foto sampai puas dengan tanpa mengeluarkan uang sedolar pun. Nah tapi…kalau sampai masuk ke toko dan membeli barang, atau nonton Broadway Show ya lain cerita ya. Hehehehe

Saya kemarin sempat masuk ke dua toko di area Times Square ini. Yang pertama Disney Store. Di toko itu dijual segala pernak-pernik Disney. Saya cuma lihat-lihat aja sih, gitu aja udah seneng. Hehehe

Disney Store, Times Square
Cuma lihat-lihat dan pegang-pegang gini aja aku udah seneng lho! HEHEHE

Di dekat Disney Store, ada satu toko yang menjual cinderamata seperti gantungan kunci, magnet kulkas, juga kaos bertuliskan I Love NY gitu. Cukup lengkap dan harganya lumayan terjangkau. Tapi ingat, kekep dompet erat-erat!

Saya tidak mampir ke toko-toko lain juga karena ngekep dompet erat-erat itu tadi! HAHAHA

  1. Battery Park

Taman ini lokasinya menghadap pelabuhan New York. Kalau mau berkunjung ke Ellis Island dan Patung Liberty dari arah New York, naik kapalnya dari taman ini nih.

Karena lokasinya semacam di pinggir laut, jadi terasa lebih panas dan berangin daripada taman seperti Washington Square Park.

Meskipun begitu,  tidak mengurangi keasyikan orang yang berkegiatan di sana. Dari yang cuma duduk-duduk saja, musisi atau seniman lain yang sedang mencari rejeki, atau anak-anak yang main air di air mancur. Cocok deh pokoknya buat salah satu tujuan jalan-jalan hemat di New York.

  1. Wall Street District

Distrik ini terkenal sebagai distrik perekonomian tempat utama untuk kegiatan bursa saham di Amerika Serikat  Di sini banyak gedung bertingkat dan restauran-restauran kelas atas.

Federal Hall
Federal Hall National Memorial

Di tengah-tengah distrik perekonomian ini, ada satu gedung bersejarah bernama Federal Hall National Memorial. Gedung ini dulu digunakan sebagai pusat pemerintahan Amerika Serikat pertama kali, sebelum akhirnya pindah ke Washington DC. Di gedung ini pula George Washington, presiden pertama Amerika Serikat, mengucapkan sumpah jabatannya.

  1. New York Public Library—Stephen A Schwarzman Building

Suka dengan perpustakaan? Nah, ini juga bisa nih buat alternatif jalan-jalan hemat di New York.

Kita bisa mengunjungi perpustakaan umum di New York ini. Gedungnya besar ala Eropa dan di dalamnya ada banyak ruangan yang menyimpan buku-buku yang disesuaikan temanya. Tiap ruangan ada tema tersendiri. Kami sempat agak lama mengunjungi satu ruangan yang menyimpan peta dan hal-hal yang terkait dengan geografi.

Di perpustakaan ini juga biasanya ada pameran. Waktu kami ke sana kemarin, yang sedang berlangsung adalah pameran tentang Walt Whitman, seorang penyair, penulis esai, dan jurnalis legendaris di Amerika Serikat.

  1. Grand Central Terminal

Dari namanya, bisa kita tebak ya kalau ini adalah terminal. Lebih tepatnya, ini adalah terminal jalur kereta komuter New York. Lokasinya di  42nd Street dan Park Avenue, di Midtown Manhattan.

Terminal atau stasiun ini sibuk banget. Banyak orang lalu lalang dan bahkan tidak sedikit yang berjalan dengan capat untuk mengejar kereta.

Grand Central Terminal
Grand Central Terminal

Selain itu, juga banyak para pengunjung di lokasi ini yang berfoto ria di tengah-tengah stasiun yang sibuk ini. Bangunan stasiun ini bagus dan instagramable. Cocok buat yang mau postang-posting like there is no tomorrow!! HAHAHA

  1. Central Park

Destinasi wisata yang tidak boleh terlewatkan juga nih! Taman ini lokasinya gueedeee bianget! Kata penjaganya, kalau mau jalan kaki keliling taman dan mengunjungi setiap bangunan dan lokasi menariknya, kita butuh waktu sekitar 3 sampai 4 jam. Selain lama juga theyol ya kakinya. Hehehe

Central Park
Suasana sejuk di Central Park

Tapi buat yang mau merogoh dompet, ada pilihan naik kereta kuda atau bisa juga becak yang dikayuh oleh tukang becaknya. Nah tapi ya, ongkosnya agak mahal ya. Kalau dirupiahkan, naik kereta kudanya bisa sampai 2,5 juta dan naik becaknya sekitar 50 ribu permenit, belum termasuk tips sekitar 15%.

Buat yang ngirit dan tidak terlalu obsesif dalam jalan-jalan, seperti saya dan Pak Jay gitu, bisa jalan-jalan tipis-tipis aja ke arah Bethesda Fountain. Sudah cukup puas kok sebenarnya.

Central Park (2)
Bangunan di sekitar Bethesda Fountain, Central Park
  1. Brooklyn Bridge

Ini juga lokasi yang wajib banget nih dikunjungi kalau jalan-jalan ke New York. Bukan cuma jembatan Brooklyn saja, tapi di sekitarnya juga ada tempat yang menarik seperti area Dumbo tempat kita bisa lihat dua jembatan ikonik New York: Manhattan Bridge dan Brooklyn Bridge, ada flea market, juga taman, dan Environmental Education Center.

View this post on Instagram

•Brooklyn Bridge• ⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Pas saya kuliah di Pengkajian Amerika, nama Brooklyn Bridge ini sering disebut-sebut.⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Waktu itu saya tidak sempat membayangkan seperti apa rasanya kalau saya bisa berjalan melintasi jembatan ini. Ya mau gimana. Amerika terlalu jauh rasanya dari jangkauan saya waktu itu. Sepertinya hanya akan buang waktu untuk memimpikannya.⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Cuma sempat terbesit doa kecil dalam hati, jika Allah kasih rejeki, boleh lah saya mampir ke sini. ⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Alhamdulillah dikasih rejeki dua kali ke Brooklyn Bridge dalam keadaan yang berbeda. Satu setengah tahun lalu dalam musim dingin dan hari Minggu lalu dalam musim panas. Dua kesempatan dan pengalaman yang berbeda. ⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Saya jadi ingat pesan Bapak saya, “ngimpi dan berdoa itu gratis. Banyak-banyakin aja gak apa-apa.” ⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Juga pesan dari salah satu sahabat saya, “kita gak yakin kalau Allah mendengar dan mengabulkan doa lirih dalam hati kita itu udah pelecehan lho. Yang Maha Segalanya itu ya tinggal kun fayakun, apapun bisa terjadi.” ⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Foto ini juga sebagai pengingat bagi saya untuk selalu bersyukur. Walaupun belum jadi mudik ke Indonesia karena paspor masih belum dikembalikan dari salah satu kantor administrasi negara sini, jadi saya kepace nggak bisa keluar dari AS, tapi sebagai gantinya dikasih kesempatan sekali lagi buat nyebrangi jembatan ini sambil pacaran sama Pak Jay. Alhamdulillah aja deh pokoknya. 😁⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ #latepost #BrooklynBridge #BrooklynBridgeNYC #travel #traveling #traveldate #traveldiary #travelphotography #travelbloggerlife #travelblogger #Brooklyn #NewYorkCity #NewYork #usa #mylifeinusa

A post shared by Terry Perdanawati (@terry_perdanawati) on

Nah khusus area Brooklyn Bridge ini akan saya tulis di artikel terpisah dalam dua hari ke depan ya. Karena agak panjang  dan biar bisa lebih lengkap ceritanya.

Jadi jangan lupa ikuti blog saya selalu, biar tidak ketinggalan info dan cerita-cerita lainnya juga! HEHEHE

 

 

 

4 Comments Add yours

  1. snydez says:

    standar orang yang belum ke new york dan pengen ke sana, adalah :
    mendatangi lokasi di mana adegan film yang pernah ditonton 😀

    Like

    1. @tey_saja says:

      Nah! Kebetulan hampir semua lokasi yang saya sebutkan di atas ada di film, kayak Spiderman, Sex and the City, Fantastic Four, dll.

      Terus sih kalau suka film seri yang lokasinya di New York, kayak Person of Interest, ada semua tuh di film itu 9 lokasi di atas. hehehe

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s