Mengunjungi Ellis Island & Liberty Island

on

Selain mengunjungi Brooklyn Bridge dan 9 lokasi jalan-jalan hemat di New York, jangan lupa juga kunjungi patung Liberty yang ada di Liberty Island. Karena apa? Ya karena patung Liberty ini bukan cuma salah satu ikon yang wajib dikunjungi kalau sedang jalan-jalan di New York, tapi patung ini juga jadi salah satu simbol Amerika Serikat.

Jadi pastikan kamu tidak melewatkan kesempatan mengunjungi Liberty Island ketika berada di New York!

Untuk mengunjungi Liberty Island, teman-teman bisa kunjungi laman Statue Cruises. Di sana ada beberapa paket yang bisa dipilih, dari mulai tiket paling murah yang termasuk naik ferry ke Liberty Island dan Ellis Island serta audio tour dan berada di lokasi taman patung Liberty, sampai tiket lain yang memungkinkan kita untuk naik ke pedestal dan bisa juga naik sampai ke mahkota Liberty.

Kapal ferry untuk trip ini bisa dipilih mau yang berangkat dari New York atau dari new Jersey. Satu setengah tahun lalu kami memilih untuk berangkat dari New York dan dua minggu lalu kami memilih naik dari New Jersey. Selain karena yang kunjungan kedua ini kami memang menginap di New Jersey, juga supaya dapat merasakan pengalaman yang berbeda.

Jika berangkat dari New York, maka kita akan kumpul di Battery Park. Sedangkan kalau berangkat dari New Jersey, titik kumpulnya ada di Liberty State Park. Lokasi kumpul di Battery Park lebih mudah dijangkau dari halte kendaraan umum dibandingkan titik kumpul di Liberty State Park yang harus jalan kira-kira 25 menit dari stasiun kereta. Tapi jika punya banyak waktu seperti kami kemarin, asyik juga lho sekalian piknik di Liberty State Park sebelum naik kapal ferry.

Antrian di Battery Park lebih ramai daripada yang di Liberty State Park, padahal waktu itu kami naik ferry dari Battery Park di musim dingin dan sedang dingin-dinginnya, sedangkan yang dari Liberty State Park kemarin pas musim panas yang ramai pengunjung.

Miss New Jersey
Ngantri naik kapal ferry “Miss New Jersey”

Sebelum memasuki kapal ferry, kita wajib menunjukkan tiket yang sudah dibeli (bisa secara online maupun pembelian di tempat) dan juga masuk ke pemeriksaan yang mirip dengan pemeriksaan di bandara ketika kita mau naik pesawat.

Ellis Island

Jika memilih berangkat dari New Jersey (Liberty State Park), maka pemberhentian pertama kita adalah di Ellis Island.

Pulau ini dulunya berfungsi sebagai transit imigran yang datang ke Amerika dan ingin masuk melalui pelabuhan New York. Sekarang pulau ini dijadikan tempat wisata dan gedung yang dulu digunakan sebagai gedung administrasi, dijadikan museum.

View this post on Instagram

•Ellis Island National Museum of Immigration• ⁣⁣ ⁣⁣ Sekitar tahun 1892-1954, Ellis Island adalah gerbang masuknya 12 juta imigran ke Amerika dengan tujuan memperbaiki nasib dan mengejar impian “American Dream”. ⁣⁣ ⁣⁣ Diperkirakan keturunan dari para imigran yang datang melalui Ellis Island ini sekarang jumlahnya sekitar separuh dari total populasi penduduk Amerika Serikat. ⁣⁣ ⁣⁣ Gedung yang dulunya berfungsi sebagai kantor imigrasi di pulau ini sekarang difungsikan sebagai museum nasional yang menyimpan sejarah imigrasi penduduk ke Amerika di tahun 1892-1954. ⁣⁣ ⁣⁣ Di foto kedua adalah Registry Room yang ada di lantai dua gedung museumnya. Dulunya ruangan ini adalah ruangan pencatatan (registrasi) bagi imigran yang datang ke Amerika melalui Ellis Island. ⁣⁣ ⁣⁣ Bagi beberapa dari para imigran, Ellis Island adalah “island of hope”, pemberhentian pertama mereka sebelum bertemu dengan kesempatan dan pengalaman di Amerika. ⁣⁣ ⁣⁣ Tapi bagi sebagian orang lain, Ellis Island adalah “island of tears”, tempat di mana keluarga terpisah dan atau karena ada dari mereka yang ditolak masuk Amerika oleh petugas imigrasi karena aturan dan kebijakan yang diterapkan saat itu.⁣⁣ ⁣ Secara jurisdiksi, pulau ini adalah properti pemerintah federal Amerika Serikat yang berada di dua negara bagian sekaligus, New Jersey dan New York. ⁣ ⁣ Jadi katanya tergantung kita berdiri di bagian mana di pulau ini, bisa termasuk New York atau New Jersey. ⁣ ⁣ ⁣⁣ #EllisIsland #EllisIslandNationalMuseumofImmigration #travel #traveling #traveldate #traveldiary #NewJersey #NewYork #usa #mylifeinusa

A post shared by Terry Perdanawati (@terry_perdanawati) on

Di museum ini kita bisa mengetahui sejarah para imigran yang masuk ke Amerika melalui Ellis Island. Di sini kita bisa tahu dari mana saja imigran ini datang, kapan mereka mendarat di Amerika Serikat, dan apa tujuan mereka datang ke Amerika.

Selain itu kita juga bisa tahu bagaimana perjuangan mereka, kesulitan yang dihadapi dan apa pengaruh besar mereka terhadap perkembangan negara Amerika Serikat. Pokoknya nih buat teman-teman yang belajar American Studies atau suka dengan sejarah, pasti bakal betah lama-lama berkeliling di museum ini. Oh iya, tidak ada batasan waktu seberapa lama kita bisa berkeliling di Ellis Island.

Walaupun begitu, jangan lupa kalau kita masih punya tujuan kedua: Liberty Island!

Liberty Island

Siang itu udara cukup panas ketika kapan ferry yang kami tumpangi mendarat di Liberty Island. Meskipun begitu, tidak mengurangi antusiasme para pengunjung di pulau ini. Cukup berbeda keadaannya dengan waktu kami berkunjung satu setengah tahun lalu. Mungkin ya karena waktu itu musim dingin ya, jadi jumlah pengunjungnya lebih sedikit.

Winter 2017 in Liberty Island
Musim dingin 2017 di Liberty Island

Sekadar saran saja, buat teman-teman dari Indonesia sebaiknya mengunjungi Liberty Island waktu musim panas saja, karena mengunjungi di Liberty Island di musim dingin tantangannya besar. Anginnya kencang sehingga udara dinginnya menusuk lebih tajam. Saya yang Minnesota winter survivor aja kedinginan kok di sana. Apalagi yang gress banget baru sampai dari Indonesia. Berat. Sungguh! Hehehe

Foto di atas diambil satu setengah tahun lalu. Jangan tertipu dengan langit yang cerah, karena kalau musim dingin tapi langitnya cerah itu artinya dinginnya tidak karuan, kalau mendung dan bersalju malah “lebih hangat”. Siang itu waktu foto ini diambil, suhunya sekitar -25 derajat celsius. HAHAHA

Tapi untuk kunjungan kedua kami malah sebaliknya, di musim panas yang cukup sumuk. Hehehe

Sesudah turun dari ferry, kami langsung masuk menuju ke pintu yang mengantar kami ke pedestal patung Liberty. Pedestal adalah bangunan di bawah patungnya itu. Dengan membeli tiket Pedestal Reserve Ticket, kita bisa naik sampai ke bangunan tersebut dan berfoto di bawah kaki mbak Liberty.

Di bawah ketek Liberty.
Di bawah ketek Liberty (difoto dari area Pedestal)

 

Untuk naik ke area pedestal, kita bisa lewat tangga atau bisa juga naik lift. Untuk tiket jenis ini harganya $18.50. Selain bisa memfoto patung Liberty dari jarak yang dekat, dari area pedestal kita juga bisa memfoto Brooklyn dan Manhattan dari kejauhan sambil ditiup angin yang sepoi-sepoi.

Oh iya, kami sengaja tidak membeli tiket untuk naik ke mahkota Liberty karena saya agak-agak takut ketinggian gitu sih. Hehehe

Setelah puas berfoto-foto di area pedestal, kami turun menuju lantai 1 dari bangunan di bawah patung Liberty. Di sini kita bisa foto bersama dengan patung Liberty dengan lebih jelas. Semacam lokasi wajib buat berfoto bersama Liberty.

Aku, Kamu, dan Mbak Liberty
Aku, Kamu, dan Mbak Liberty

Kemudian kami menuju ke museum Liberty. Museum ini belum lama dibangun karena satu sentengah tahun lalu belum ada nih. Waktu itu masih dalam rangka pembangunan.

Mungkin sudah bisa ditebak ya isi dari museum ini? Iya. Isinya tentang sejarah patung Liberty. Cukup menarik sebenarnya sejarahnya patung ini.

Singkatnya saja sih patung ini adalah hadiah dari Perancis dan dibangun dengan uang dari rakyat Perancis, tapi untuk bangunan pedestal dan area sekitarnya dibangun oleh Amerika Serikat dengan uang dari rakyat Amerika Serikat.

Bahkan pemerintah Amerika Serikat waktu itu sempat mengeluarkan surat hutang untuk mengumpulkan uang bagi pembangunan pedestal dan area di sekitarnya ini. Jadi ya semacam utang sama rakyat buat membangun infrastruktur bangunan ini gitu lah. Hehehe

Government Bond: Liberty Loan
Pengumuman penerbitan surat hutang pemerintah (Government Bond) untuk pembangunan pedestal Liberty.

Mengunjungi Liberty Island dan Ellis Island ini sebaiknya dijadwalkan setengah hari gitu biar puas jalan-jalannya dan lihat-lihatnya. Terutama buat teman-teman yang traveling alias jalan-jalan di New York ini bukan cuma buat foto-foto aja tapi juga menambah pengetahuan.

Menghabiskan waktu di museum imigrasi di Ellis Island dan di museum Liberty akan cukup membuka mata kita terhadap sejarah negara Amerika Serikat ini yang sedikit-banyak berpengaruh terhadap keadaan dan kemajuan negara ini hingga sekarang.

Oh iya, kita juga bisa membeli oleh-oleh cinderamata di toko yang ada di dua pulau tersebut. Atau bisa juga sekadar cinderamata berupa foto seperti ini.

Apapun yang teman-teman rencanakan, jalan-jalan ke New York tidak akan lengkap tanpa mengunjungi Ellis Island dan Liberty Island. Hambok tenin! 😀

2 Comments Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s