Yang Paling Nganu di 2016

2016 sudah berlalu, tapi masih hangat-hangat belum move on gitu deh kayaknya ha-ha-ha!

Oleh karena itu, saya dan PakJay mau berbagi daftar hal-hal yang paling nganu-nganu sepanjang tahun 2016 menurut pengalaman kami. Niatnya sih buat seru-seruan aja, sambil merangkai ingatan dan siapa tahu ketemu pelajaran berharga selama satu tahun yang sudah terlewati. Yak mari kita mulai.

1. Yang Paling Seru

Terry: Mainan Salju

Agak ndeso-ndeso gimana gitu. Ya tapi mau gimana, ini pertama kalinya saya lihat salju beneran. Bukan es gosrok atau remah-remahan es dari freezer. Jadi mohon dimaklumi bahwa saya banyak isengnya di sekitar salju. Termasuk kelakuan vandalisme ini. Hahaha

wtx

PakJay: Pentas Mode[a]rn.

Pertunjukan ini adalah salah satu yang berkesan dari semua pertunjukan yang pernah kami helat. Bertajuk Mode[a]rn: What can We Earn and Learn from being Modern?, banyak kolaborator terlibat, dari mulai musisi, penata panggung, perekam audio, pemrogram aplikasi telepon genggam, penulis, aktor, hingga penonton. Sarana yang dipakai sebagai media pertunjukan pun bermacam-macam, dari mulai Twitter, mesin looper, Skype, Source-Connect Now, senter, aplikasi rancangannya Banu Antoro, hingga bebunyian dari penonton.

Foto-foto di bawah ini adalah hasil jepretan Budi N. D. Dharmawan dan Tey

2. Yang Paling Murah

Terry: Salmon $2.99 dapat 2 lbs.

Ini terjadi di Minnesota, bulan Desember 2016 di Aldi yang di University Avenue. Harganya $2.99 (sekitar Rp 45.000) dapat 2 lbs (hampir 1 kg). Kualitasnya bukan yang seperti salmon di resto-resto sih, tapi tetap bagus. Nyesel cuma beli sebungkus!

PakJay: Buku Musik Merek Al-Kautsar Rp 2.500.

Alat tulis-menulis di negara yang sebentar lagi di bawah kekuasaan Trump ini cukup merogoh kocek. Untunglah saya sempat beli buku notasi murah meriah di Yogya. Salah satu teman saya dari Eropa timur bilang bahwa buku saya ini imut banget.

alkausar

3. Yang Paling Bikin Syok

Terry: Tagihan Rumah Sakit.

PakJay: Sama!

Sakitnya sudah Agustus lalu sih. Yang keracunan waktu itu. Tagihannya baru datang beberapa hari lalu. Angkanya luar biasa, $318 untuk tagihan satu orang dan ternyata hanya ditanggung asuransi $249. Jadi masih ada tagihan per orang $49. Ini mesti diurus ini, gimana caranya asuransi harus nanggung semua ini. Bokek jhe.

Etapi gendheng ye kan, cuma keracunan makanan, di rumah sakit cuma klipak-klipuk di atas kasur, ditengokin dokter cuma 5 menit, dan dikasih obat cuma satu dan kecil banget, kemudian disuruh pulang, tagihannya $318. Amerika ini preman sekali! šŸ˜›

tagihan

4. Yang Paling Melegakan

Terry: Lihat Nilainya PakJay.

Semester pertama PakJay di University of Minnesota sudah berakhir. Dari awal sih targetnya tidak harus nilai sempurna. Yang penting lebih tinggi dari IPK saya aja gitu. Ba-ha-ha-ha. Jangan dikira gampang ye kan? Ngeset target mah kudu tinggi, walau nggak harus sempurna. #halah

Alhamdulilah target tercapai. Nggak malu-maluin bangsa Indonesia dan tidak buang uang negara sia-sia.

PakJay: Selesai ngerjain paper Post-Tonal Theory.

Mata kuliah yang satu ini sebenarnya menarik bebannya cukup berat. Kami dibebani dengan tugas-tugas bacaan (dengan pilihan kata Bahasa Inggris yang lumayan sulit) maupun tugas paper yang jumlahnya lumayan. Sebagai gong-nya, kami ditugaskan menulis paper berkisar 3500-4000 halaman (badan teks saja, tanpa catatan kaki dsb!). Danā€¦ tidak ada yang lebih melegakan daripada selesai menunaikannya sebelum tenggat waktu datang.

 

5. Yang Paling Menyedihkan

Terry: Berpisah dengan Paisley.

Yang ini nggak perlu pakai penjelasan. Dua bulan tinggal bersama makhluk lucu ini terus pindahan, emang gak sedih?

paisley1

PakJay: Tagihan Rumah Sakit.

Hahahaā€¦ Masih tetap urusan tagihan rumah sakit.

 

6. Yang Paling Lama

Terry: Perjalanan dari Jogja ke Minnesota.

PakJay: Sama!

Total perjalanan kami dari keluar rumah sampai ke bandara Minneapolis/St. Paul, Minnesota lebih dari 40 jam. Boyok pegel, pantat kayak pepes. Mampir-mampirnya juga banyak karena rutenya dari Jogja ke Jakarta, lalu ke Abu Dhabi, kemudian Chicago, baru deh sampai Minnesota.

 

7. Yang Paling Melelahkan

Terry: Jalan Kaki Pas Zombie Night.

Malam itu kami baru saja pulang dari latihan gamelan dan akan pulang ke rumah di Uptown. Sampai di Downtown Minneapolis, kami kaget karena jalanan penuh orang berkostum zombie. Malam minggu itu adalah Zombie Night, ada acara cukup besar di tengah kota untuk menyambut Haloween. Kayaknya asyik sih sampai akhirnya kami sadar bahwa jalur bisnya dialihkan dan para penumpang bis kebingungan karena tidak tahu di mana mereka harus menunggu bis. Setelah jalan muter-muter satu jam, akhirnya saya dan PakJay ketemu lokasi tempat bis kami lewat. Dan di halte itu sudah penuh orang bete karena mengalami hal yang sama dengan kami.

PakJay: Mengerjakan Paper Post-Tonal Theory!

Ya, bagi saya mengerjakan paper bahasa asing dengan hampir 4000 kata itu melelahkan.

 

8. Yang Paling Bikin Nggak Bisa Tidur

Terry: Pilpres AS 2016.

Bukan cuma karena deg-degan kalau Trump menang sih (dan emang menang! Hiks), tapi memang momentum ini cukup menarik buat saya yang kebetulan pernah kuliah Pengkajian Amerika. Hal yang dulu hanya saya baca melalui buku atau artikel, kali ini saya alami di depan mata. Malam itu saya tidak bisa tidur dengan alasan, ā€œMinnesota belum setor hasil perhitunganā€, dan saya akhirnya bisa tidur ketika Minnesota setor hasil perhitungan suara (tetap biru yang menang!) di saat yang sama Wisconsin juga setor warna merah, dan Donald Trump menang, dan saya tidur dengan agak meriang. Bahahaha.

PakJay: Menanti Transferan.

Urusan bayar-membayar di AS berkaitan dengan credit score. Intinya, kalau sering telat bayar kontrakan, telat bayar ini itu, akibatnya nama kita akan tercatat memiliki credit score yang buruk. Dampaknya, urusan transaksi ke depannya, apalagi yang bernilai besar, bisa jadi dipersulit. Hal ini bisa dihindari jika transferan datangnya tepat sebelum waktunya. Kalau transferan belum datang padahal tagihan sudah di depan mata, tidur tidak akan terasa tenang.

~~~~Setelah 8 hal di atas, kami punya bonus harapan dan yang tidak diharapkan di 2017. Doakan semoga sukses ya. Kalau perlu silakan ketik amin di kolom komentar dan bagikan :P~~~~

9. Yang Paling Diharapkan Terjadi di 2017

Terry: Mudik ke Jogja!

Melihat kenyataan bahwa sepertinya perantauan ini belum akan usai tahun depan (2018), maka mudik setahun sekali bisa jadi obat kangen keluarga. Dan eike udah kangen dendeng masiak dan ikan bilis betewe!! šŸ˜›

PakJay: Lancar Pertunjukan Karya Baru.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, saya selalu senang mengekplorasi ide-ide baru. Di 2017 ini setidaknya akan ada dua pertunjukan karya baru, salah satunya akan disponsori oleh American Composers Forum dan Jerome Foundation.

 

10. Yang Paling Tidak Diharapkan Terjadi di 2017

Terry: Pak Trump Aneh-aneh.

We are now entering Trumpā€™s America! Semoga Pak Trump tidak aneh-aneh dan tidak bikin banyak perkara.

PakJay: Sakit.

Lebih baik sehat dan bugar agar terhindar dari biaya RS yang edyan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s