Sebulan Pertama Liburan di Indonesia

Jika ditotal, mudik kami ke Indonesia adalah sekitar 7 minggu, alias dua bulan kurang sedikit. Tentu saja salah satu tujuan utamanya adalah berkumpul dengan keluarga, tapi jika bisa sambil melakukan kegiatan lain, lebih seru kan ya?

Sebulan pertama kami bisa dibilang cukup sibuk. Di samping saya masih harus tetap bekerja untuk dua bos saya, ada beberapa hal seru ini:

  1. Makan-makan di Nuwira

Minggu pertama sampai di Jogja, kami silaturahmi ke tempat yang paling dekat dari rumah, kantor Nuwira. Eh ternyata malah mereka punya acara bakar-bakar di hari berikutnya. Katanya sih menyambut anggota baru, menyambut yang baru nikah dan kami pulang dari Amerika. Tapi sesungguhnya Nuwira tidak butuh alasan buat bikin acara makan-makan 😀

 

 

 

 

  1. ArtJog & Setan Jawa

Salah satu pertunjukan yang keren banget di Jogja, digelar di minggu pertama kami mudik. Setan Jawa adalah pertunjukan film bisu karya Garin Nugroho yang diiringi dengan musik gamelan karya komposer Rahayu Supanggah yang dimainkan secara langsung. Ceritanya seputar tentang cinta, problematika hidup orang miskin, klenik, dan keinginan menjadi kaya lewat pesugihan demi memenuhi standar dari orang lain.

19620016_10155451494688535_1746876699_o
Panggung ‘Setan Jawa’ sebelum pertunjukan dimulai

 

Pertunjukan Setan jawa adalah bagian dari ArtJog 2017 yang di dalamnya ada pameran kesenian, juga pertunjukan musik. Pergelaran seni tahunan di Jogja yang sayang dilewatkan.

19620025_10155451482843535_1166828123_o
Salah satu karya yang dipamerkan di ArtJog 2017
19551736_10155451483738535_341152166_o
Penampilan Komunitas Jazz Jogja di ArtJog 2017

 

  1. Nonton Ensemble Multiraterale dari Perancis

Ensemble ini memainkan komposisi-komposisi kontemporer karya komposer-komposer dari Perancis dan Indonesia. Buat saya yang seleranya dangdut pantura, pertunjukan ini rasanya agak berat gitu. Tapi menarik karena menyajikan estetika-estetika bunyi baru #tsaaah #kayaktahuajaguweh

 

 

  1. Jam Sessions

Di bulan pertama ini, lumayan bisa nonton PakJay ngejam di beberapa tempat. Yang pertama di Viavia Café, tempat dulu dia main reguler tiap hari Jumat.  Selain itu, kami juga silaturahmi ke Etawa Jazz Club dan PakJay juga ngejam di sana.

 

 

  1. Nonton Vincent van Amsterdam  di Tembi

Waktu ke ArtJog, kami sempat ketemu rombongan dari Erasmus Huis (pusat kebudayaan Belanda di Indonesia) yang juga mengunjungi ArtJog. Dari mereka kami tahu bahwa di hari sesudahnya, akan ada pertunjukannya Vincent van Amsterdam di Tembi. Vincent adalah pemain akordion yang berprestasi di Belanda. Jadi deh kami nonton Vincent. Sekalian ketemuan dan reunian dengan teman-teman di Forum Musik Tembi.

 

  1. Buka Puasa Teladan03 Jakarta

Kebetulan sedang di Jakarta, saya menyempatkan diri untuk buka bersama dengan teman-teman seangkatan dulu waktu di SMA yang sedang di Jakarta. Meskipun tidak ada sepuluh orang yang datang, tapi lumayan lah ya. Cukup untuk obat kangen, karena belum tahu entah kapan akan ketemu lagi.

19686305_10155451524993535_1963170893_o
Cuma berdelapan (PakJay ketutupan), tapi seru juga!

 

  1. Ulang Tahun Jay & Gatra Wardaya ke-6

9 Juni 2011, Jay & Gatra Wardaya mengadakan acara tumpengan peluncuran album pertama. Dan di tanggal yang sama enam tahun kemudian, sebagian kontributor Jay & Gatra Wardaya yang sudah berada di Jakarta melakukan syukuran dan tumpengan bersama. Sayangnya mbak Bawien dan mbak Lani baru akan menyusul ke Jakarta keesokan harinya, jadi tidak bisa ikutan tumpengan bersama.

 

 

 

  1. Ramadhan Jazz Festival

Tahun ini PakJay dapat kesempatan untuk tampil di Ramadhan Jazz Festival dengan Mondo Gascaro. Sekitar dua tahun yang lalu, PakJay ikut dalam rekaman albumnya Mondo dan tahun lalu juga sempat pentas bareng di Jakarta. Jadi ini semacam reuni gitu juga.

 

  1. Jay & Gatra Wardaya di @america

Salah satu agenda penting di kepulangan kami ke Indonesia adalah pertunjukan Jay & Gatra Wardaya di @america, Jakarta. Rencana pertunjukan ini sudah dibahas sejak satu tahun lalu tapi baru benar-benar fix pas kami memutuskan untuk mudik di bulan Mei lalu.

Agak berbeda dengan pertunjukan Jay & Gatra Wardaya di @america dua tahun lalu, pada pertunjukan ini tema yang diangkat adalah musik dan teknologi, sebuah pengembangan dari pertunjukan mereka yang bertajuk Mode[a]rn (2016).  Di pertunjukan ini, Jay & Gatra Wardaya juga berkolaborasi dengan Daniel Furuta yang bermain musik langsung dari Minnesota dengan melalui sambungan video dan audio dari @america.

 

JGWatamerica
Teleperformance menghadirkan Daniel Furuta dari Minnesota
JGWatamerica3
Penonton di @america ikut berkolaborasi di salah satu komposisi yang dibawakan

 

 

  1. Buka Bersama “Minnesota di Indonesia”

Masih dalam rangkaian kunjungan kami ke Jakarta, kami berkumpul dengan teman-teman mahasiswa Indonesia di Minnesota sambil berkenalan juga dengan dua teman baru yang akan memulai kuliahnya bulan September tahun ini.

19686259_10155451516908535_479274979_o
Foto oleh Mas Aji (suaminya mbak Melia Pramadhona)

 

  1. Kelas Inspirasi KATY

Untuk mengisi waktu biar bulan puasa ini saya tidak hanya mirip semangka yang glundang-glundung, saya kembali ke SMA 1 selama dua minggu untuk belajar bareng untuk persiapan tes TOEFL ITP. Alhamdulilah tanggapan para pesertanya baik dan tahun depan pingin ngadain lagi untuk persiapan tes bahasa Inggris lainnya. Insya Allah… 😀

Kelas Inspirasi Spesial TOEFL ITP Preparation . Puji syukur, Alhamdulillah, kemarin Jumat 23 Juni 2017 telah selesai rangkaian kegiatan Kelas Inspirasi Spesial TOEFL ITP Preparation yg diisi oleh Mbak Terry (KATY 2003). Peserta Kelas Inspirasi Spesial (KATY muda) banyak memberikan respon positif dan memberikan saran supaya diagendakan kegiatan yg serupa. . Terimakasih banyak Mbak @terry_perdanawati yg telah dengan senang hati meluangkan waktu dan berbagi ilmu untuk adik-adik sealmamaternya 🙌💕 Terimakasih juga untuk peserta Kelas Inspirasi Spesial yg telah berpartisipasi. Semoga kita bisa bertemu lagi di kesempatan yg akan datang. Aamiin. . Buat yg penasaran dan nyesel kenapa kemarin nggak ikutan, tunggu videonya di channel YouTube Katy Foundation ya 😜 . Salam, Teladan Jayamahe!

A post shared by Katy Foundation (@katyfoundation) on

Ternyata lumayan juga ya sebulan di Indonesia bisa banyak kegiatan dan seru-seruan bareng teman-teman, yang tentunya nggak bikin kami males-malesan di bulan puasa. Alhamdulilah…

Jadi senang deh mudik kami bermanfaat. Yeay!! Nantikan cerita saya kembali ya tentang tiga minggu terakhir kami di Indonesia sebelum kembali ke Minnesota, Juli nanti 😀

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s