Mengunjungi Kantor Google dan Pinterest

“Wah, kamu pasti mampir ke Silicon Valley dunk ya?”, begitu kata salah satu teman saya.

Karena banyak teman saya yang bekerja menjadi “Penjait” alias Penjaja Jasa IT, maka yang namanya Sillicon Valley sudah akrab terdengar di telinga saya dan ya seneng ya akhirnya bisa mampir juga ke kantor dua “pemain besar” di Silicon Valley selain Nongkrong di Stanford dan Jalan-jalan ke San Francisco yang sebelumnya sudah saya ceritakan.

Awalnya ya, saya pikir Sillicon Valley itu macem Wirobrajan gitu lho, satu kecamatan. Eh lha kok ternyata yang namanya Silicon Valley itu adalah daerah di negara bagian California di mana banyak kantor perusahaan IT. Daerah yang dimaksud adalah di San Francisco Bay Area termasuk kota: Santa Clara, San Jose, Palo Alto, Menlo Park, Cupertino, Mountain View, dan Sunnyvale. Kata Wikipedia sih gitu hahaha

Ini macem satu DKI Jakarta gitu kali ya? Nggak mungkin dikunjungi satu per satu, terutama karena waktu yang terbatas. Setelah diskusi dengan saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya akhirnya saya dan Pak Jay memutuskan untuk mengunjungi dua kantor IT saja di area tersebut: kantor Google atau yang disebut Googleplex dan kantor Pinterest yang di Brannan Street, San Francisco.

Sepedaan di Googleplex

Menurut info dari penghuni di tempat menginap kami, kantor-kantor IT di Siicon Valley bisa dikunjungi oleh umum jika ada kenalan ‘orang dalam’ alias karyawan di sana yang jadi pemandu pengunjung.

Hampir saja kami batal ke Googleplex karena nggak kenal siapa-siapa di sana. Mau bilang, “saya kenal Mbah Google” kok ya nggak mungkin ya si mbahnya itu karyawan di sana. #halah

Nah tapi setelah kami googling, eh ternyata boleh kok pengunjung umum jalan-jalan di area Googleplex, tapi di luar gedung, tidak masuk ke gedungnya atau kalaupun masuk ke gedungnya cuma di bagian lobi saja. Kalau masuk ke area dalam gedung lainnya, mesti harus sama orang dalam itu tadi ehehe.

Sampai di area Googleplex, di kota Mountainview, mata saya langsung tertarik dengan sepeda google alias Google Campus Bike yang warna-warni. Lucu aja gitu. Saya langsung sepeda-sepedaan di area tersebut sambil foto-foto.

Setelah puas sepeda-sepedaan dan foto-foto, kami lanjut ke Google Merchandise Store buat beli kenang-kenangan.

Google Merchandise
Rasanya pingin ku beli semua! HAHAA

 

Semuanya bagus-bagus dan pingin beli semuanya. Nah tapi ya untung aja duitnya terbatas, jadi saya nggak kalap beli semuanya. HEHEHE

Di sekitar toko tersebut ada Google Android Statue Park. Di taman ini cocok banget deh buat foto-foto bersama ikon-ikon android dari yang Cupcake sampai Oreo.

View this post on Instagram

Google Android Statues Park⁣ ⁣ Di taman ini ada patung ikon android dari Cupcake, Donat, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jellybean, Kitkat, Lollipop, Marshmallow, sampai Oreo. ⁣ ⁣ Aku gak lihat ada Nougat sih, mungkin kelewat gak lihat. Tapi kalau patung ikon android Pie emang gak di sini, tapi di taman yang lain, di sisi lain dari kompleks perkantoran Google ini. ⁣ ⁣ Walaupun saya separuh pengguna android separuh pengguna OS lain, tapi taman ini lucu juga sih buat dikunjungi. Patung-patungnya lucuk dan gak dilarang foto walau gak pakai android pun 😝⁣ ⁣ #androidstatuespark #androidstatue #androidstatues #google #googleplex #googleplexvisit #travel #traveling #travelingdiary #siliconvalley #mountainview #california #usa #mylifeinusa⁣

A post shared by Terry Perdanawati (@terry_perdanawati) on

Nah tapi kalau mau yang Android Pie patungnya bukan ada di situ tapi di tengah googleplex yang saya sepedaan-sepedaan itu tadi.

Kira-kira totalnya tidak sampai dua jam kami berada di arena perkantoran Google ini lalu kembali deh ke Stanford University ke acara konferensi LAC 2019.

Mampir Makan Siang di Pinterest

Seperti yang sudah saya singgung di tulisan sebelumnya tentang Jalan-jalan di San Francisco, di hari Selasa, satu hari sebelum kami kembali ke Minnesota, kami dari pergi ke San Francisco dan sebelum jalan-jalan ke tempat wisata, kami mampir dulu ke kantor Pinterest.

Cafe at Pinterest Office's Lobby
Cafe yang ada di lobi kantor Pinterest, terbuka untuk umum. Tapi mbayar lho yaaa… HAHAHA

Alasan utamanya sih karena teman saya, Alfina, kerja di sana. Jadi kami bisa masuk sampai ke dalam kantornya, bukan cuma di luar gedung atau di lobi saja.

Apa yang terjadi setelah kami sampai di kantor Pinterest? Alfina langsung membawa kami ke ruang makan dan mengambil makan siang. Sungguh tamu yang beruntung ye kan? Setelah mengambil makan siang, kami menuju rooftop dan makan di sana.

Dari rooftop ini bisa dilihat pemandangan gedung-gedung tinggi di San Francisco dan jembatan Bay Bridge, jembatan di San Francisco yang terkenal juga selain jembatan Golden Gate Bridge.

Setelah puas makan siang, foto-foto, dan ngobrol-ngobrol. Kami turun untuk mengembalikan alat makan dan numpang shalat.

San Francisco from Rooftop
Pemadangan kota San Francisco dari rooftop kantor Pinterest. Difotokan oleh Jay Afrisando.

Shalatnya bukan di mushola ye kan? Tidak ada ruang khusus buat mushola eh tapi kantor ini punya ruangan yang namanya silent room.

Ruang buat bobok siang gitu. Aku udah cobain nih tempat boboknya, empuk juga. HAHAHA. Nah di silent room ini lah kami shalat.

Silent Room at Pinterest Office
Sehabis shalat, saya cobain dulu sebentar tempat bobok siang di silent room kantor Pinterest hehehe

Habis itu kami lihat-lihat area kantornya. Seperti kantor IT pada umumnya, orang-orang yang kerja di sini nggak sepaneng kudu kerja di mejanya masing-masing.

Bisa juga kerja di rooftop atau di meja santai. Saya cuma fotoin dari jauh aja ya. Takut melanggar privasi atau gak sengaja buka rahasia perusahaan HOHOHO.

Pinterest Employee
Yang lagi pada serius kerja.

Pas udah mau pamit, eh Alfina bilang kalau sebaiknya kami ngebungkus jajanan buat bekal jalan-jalan. Jadi lah kami balik lagi menuju tempat mengambil makanan.

Ya ampun, jajanannya buanyak banget. Untung aku gak kerja di sana ya, bisa naik 10 kg dalam seminggu deh kayaknya. Aku kan lemah gitu di hadapan makanan. HEHEHE

Snack Dispenser at Pinterest Office
Ini hanya sebagian dari jajanan yang disediakan di kantor Pinterest.

Dulu saya nggak pernah mengira bisa mampir ke San Francisco Bay Area dan mampir ke kantor-kantor IT seperti Google dan Pinterest. Kayak jauh banget gitu lah secara jarak dan secara biaya. Tapi Gusti Allah baik banget, saya dikasih kesempatan buat mengunjungi kantor Google dan Pinterest. Alhamdulillah..

Bersyukur banget deh, dan ini katanya lho ya.. makin bersyukur, makin dikasih lebih banyak lagi nikmat dari Gusti Allah.

Ya siapa tahu kapan-kapan bisa juga dikasih rejeki ke kantor Facebook, Twitter, dan lain-lainnya. Berharap boleh dunk ya, siapa tahu dikabulkan sama Gusti Allah. Amin…

3 Comments Add yours

  1. Sita says:

    Aku seneng lihat sepedanya mbak, warnanya apik. Ikut seneng lihatnya 😀

    Like

    1. @tey_saja says:

      Iya. Warnanya menarik! Terima kasih.. 😀

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s